Saturday 21 September 2013

Masih Matangkan Monetisasi BBM"BlackBerry"

Ilustrasi Blackberry
Ilustrasi Blackberry (sumber: AFP)
Jakarta - BlackBerry optmististis strategi melepas BlackBerry Messenger (BBM) untuk perangkat Android dan iOS menjadi bisnis baru perseroan di masa mendatang. Karena itu, monetisasi BBM pun masih terus dimatangkan.
Senior Director Channel Marketing Asia Pasifik for BBM, Krishnadeep Baruah mengatakan, peluncuran BBM untuk perangkat ponsel pintar Android dan iPhone merupakan peluang besar bagi BBM bersaing dengan aplikasi pesan singkat lain. Saat ini, tercatat, pengguna BBM aktif global mencapai lebih dari 60 juta, Whatsapp 200 juta, wechat 300 juta, dan line 130 juta.

Sementara itu, berdasarkan lembaga analisa Canalys, pada tahun 2013, secara global terdapat lebih dari 980 juta penguna iOS dan Android. Angka ini diprediksi melesat menjadi 2,5 miliar pada 2016.
"Kami lihat peluang ini sangat besar, pengguna ponsel pintar khususnya Android dan iOS terus bertumbuh," ungkap dia di sela acara peluncuran BBM for Everyone di Jakarta, Kamis (19/9).
Baruah menambahkan, tiga keunggulan BBM adalah kontrol terhadap keamanan, kecepatan pengiriman, dan kenyamanan pengiriman pesan. Seperti diketahui, pengguna bisa mengetahui, apakah pesan yang dikirim sudah terbaca atau belum. BBM juga diklaim cukup cepat untuk berbalas pesan. Saat ini, BBM dinilai punya kelebihan seperti BBM Group, BBM Chat, dan Broadcast Message. PIN BBM yang otentik pun dianggap membuat data pengguna lebih aman.
Ketika ditanya bagaimana BlackBerry akan memonetisasi atau "menguangkan" BBM, Buruah menjawab, pihaknya akan terus melakukan pengembangan BBM, seperti pengembangan fitur percakapan interaktif BBM Channel. Namun, BlackBerry belum bersedia mengungkapkan secara pasti apakah akan melakukan jual beli penggunaan stiker seperti Line
"Saat ini aplikasi BBM bisa diunduh secara gratis, strategi yang penting adalah memperkuat pengguna BBM, tentu akan banyak pengembangan ke depan," tutur dia.
Sebagai informasi, BlackBerry untuk Android bisa diunduh mulai Sabtu, 21 September pukul 18.00 WIB. Sedangkan untuk iPhone mulai pada Minggu, 22 September pukul 00.01 WIB. BBM dapat diunduh minimal oleh perangkat Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich, atau iOS 6 dan 7. BBM hanya tersedia untuk ponsel pintar, tidak untuk tablet
Menurut Buruah, bagi pengguna yang sudah memiliki PIN BB dan akan hijrah ke Android dan iPhone, pengguna cukup mendaftarkan PIN lama ketika akan menggunakannya di perangkat baru. Info lengkap dapat diakses melalui www.BBM.com.
"Tapi satu PIN untuk satu perangkat, tidak bisa untuk dua perangkat,” jelas dia.

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text