Tuesday 2 April 2013
Perkembangan IT di dunia pendidikan
Peran Teknologi Informasi Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor
teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan.
Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam
dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang salah satunya
adalah : Bidang pendidikan(e-education) Globalisasi telah memicu
kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang
konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995).
Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learningâ€?. Hal ini
mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa
sekolah (Deschooling Socieiy)” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi
diperlukan. Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang
adalah: - Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh
(Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan
jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi utama. - Sharing resource bersama
antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan - Perpustakaan &
instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber
informasi daripada sekedar rak buku. - Penggunaan perangkat teknologi informasi
interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap
menggantikan TV dan Video. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam
bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar
jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara
mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek
keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen
dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan. Faktor utama dalam distance
learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara
dosen dan mahasiswanya. Namun demikian, dengan media internet sangat
dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk
real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan
misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real
video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing
list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas
interaksi dosen dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak
100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga
diimplementasikan ke dalam web, seperti materi dosen dibuat dalam bentuk
presentasi di web dan dapat di download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian
dan kuis yang dibuat oleh dosen dapat pula dilakukan dengan cara yang sama.
Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses
registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online. Suatu
pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai
berikut: (1) Pusat kegiatan siswa; sebagai suatu community web based distance
learning harus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa,
dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari
informasi dan sebagainya. (2) Interaksi dalam grup; Para mahasiswa dapat
berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan
dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang
materi yang diberikannya. (3) Sistem administrasi mahasiswa; dimana para
mahasiswa dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa
dan sebagainya. (4) Pendalaman materi dan ujian; Biasanya dosen sering
mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang
telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus
dapat diantisipasi oleh web based distance learning (5) Perpustakaan digital;
Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak terbatas pada
buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan sebagainya.
Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database. (6) Materi online
diluar materi kuliah; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan
dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung
terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada mahasiswa
lainnya melalui web. Mewujudkan ide dan keinginan di atas dalam suatu bentuk
realitas bukanlah suatu pekerjaan yang mudah tapi bila kita lihat ke negara lain
yang telah lama mengembangkan web based distance learning, sudah banyak sekali
institusi atau lembaga yang memanfaatkan metode ini. Bukan hanya skill yang
dimiliki oleh para engineer yang diperlukan tapi juga berbagai kebijaksanaan
dalam bidang pendidikan sangat mempengaruhi perkembangannya. Jika dilihat dari
kesiapan sarana pendukung misalnya hardware, maka agaknya hal ini tidak perlu
diragukan lagi. Hanya satu yang selalu menjadi perhatian utama pengguna internet
di Indonesia yaitu masalah bandwidth, tentunya dengan bandwidth yang terbatas
ini mengurangi kenyamanan khususnya pada non text based material. Di luar
negeri, khususnya di negara maju, pendidikan jarak jauh telah merupakan
alternatif pendidikan yang cukup digemari. Metoda pendidikan ini diikuti oleh
para mahasiswa, karyawan, eksekutif, bahkan ibu rumah tangga dan orang lanjut
usia (pensiunan).
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment