Monday 15 April 2013

Cara Mudah Membuat Virtual CD/DVD Rom dari File ISO (Image)

Mungkin pada suatu kali anda ingin mengakes CD Rom yang file aslinya adalah file ISO (Image). Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengaksesnya adalah dengan cara burning file ISO tersebut ke sebuah kepingan CD/DVD kemudian memasukkan kepingan tersebut ke CD/DVD Rom yang ada di komputer atau laptop yang kita punya.
Namun, cara tersebut tidak efisien, terlebih lagi jika kita ingin menggunakannya untuk sekedar test atau hanya ingin membaca isi dari file ISO. Ada satu cara yang bisa dilakukan sehingga kita bisa mengakses file ISO seperti layaknya mengakses kepingan CD/DVD tanpa harus melakukan burning file tersebut.
Caranya yaitu dengan menggunakan bantuan software yang bernama Virtual CloneDrive yang berfungsi untuk mengconvert sementara file ISO tersebut menjadi sebuah CD/DVD virtual yang bisa kita akses kapan saja.
Jika anda menginginkan yang seperti itu, ikuti petunjuk berikut ini:
  • Pertama, download aplikasi Virtual CloneDrive dari website resminya di sini http://www.slysoft.com/en/download.html
  • Setelah proses download selesai, segera install di komputer anda.
  • Setelah proses install selesai, anda akan menemukan satu buah icon VirtualClone Drive di desktop. Biarkan saja dan jangan dibuka.
  • Langsung saja menuju folder di mana anda menyimpan file ISO.
  • Klik kanan pada file ISO dan pilih Mount file as CD/DVD.
    Mount File ISO Sebagai CD/DVD Virtual
  • Setelah itu lihat pada drive dari CD/DVD, anda akan menemukan drive baru yang berisi file ISO.
    Ubuntu pada Virtual Drive
  • Jika ingin lihat isinya, anda tinggal membukanya saja.
  • Jika ingin menggunakan file ISO lain, anda tinggal menentukan mana file yang ingin diakses dan jalankan Mount seperti langkah sebelumnya. Dengan ini file ISO lama otomatis akan tergantikan dengan file ISO yang terbaru.
  • Jika ingin mengeluarkan semua file ISO dari Virtual Clone, tinggal pilih CD/DVD Virtual dan pilih Unmount.
    Unmount File ISO
  • Jika ingin menghapus semua history dari file ISO, tinggal pilih Clear History.
Cukup mudah bukan? Anda tinggal menentukan file mana yang ingin digunakan sebagai virtual CD/DVD pada komputer/laptop. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk file image yang lain seperti IMG, CCD, DVD, UDF dan beberapa file Image yang lain.
Dengan trik ini juga, anda bisa menggunakannya bersama aplikasi Virtual PC semacam Virtual Box atau Microsoft Virtual PC yang digunakan untuk load beberapa OS berbeda dalam satu komputer secara bersamaan.
Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text