Mari kita bersama - sama mempelajarinya :
1. Buka aplikasi 3DSMAX. Klik Tab Create kategory Shapes
pilih Text, kemudian klik sembarang pada Viewport Front, ini dimaksudkan agar objek teks langsung berdiri tegak di layar Viewport.
2. Di Tab Modify
ubah namanya menjadi “Teks”. Edit juga parameter yang lain, misalnya Jenis Teks = Verdana Bold (bila jenis teks ini tidak ada dalam komputer Anda, Anda dapat menggunakan jenis huruf yang lain), Size = 60, Kerning = 2 (Kerning adalah jarak antar huruf). Pada kotak text yang tersedia, ketik kata/kalimat yang diinginkan, misalkan : 3ds Max.
Setingan Parameter Text
3. Masih di dalam Tab Modify
klik kotak Modifier List, Anda pilih dan klik Modifier Bevel. Ubah Height = 2, Outline = 2. Kemudian klik kotak Level 2 dan atur Height = 8, Outline = 0. Selanjutnya klik kotak Level 3 dan atur Height = 2, Outline = -2
Setingan Parameter Rollout Bevel Values
4. Pastikan objek “Teks” dalam keadaan terpilih, kemudian Anda klik kanan tombol Select & Move
atur parameter Absolut:World X = 4, Y = -0 & Z = 35. Tutup jendela Move Transform Type-In.
5. Tekan tombol M di keyboard, klik slot yang kosong
klik kotak warna di sebelah tulisan Diffuse. Pilih misalkan warna biru muda (Red = 28, Green = 150, Blue = 175) dan klik tombol OK.
6. Pastikan “Teks” terpilih, lalu klik tombol Assign Material to Selection
Tutup jendela Material Editor.
7. Gunakan tombol-tombol navigasi Arc Rotate, Zoom atau Pan View bila perlu untuk mengatur sudut pandang Viewport Perspektif sesuai dengan yang Anda inginkan.
8. Klik Viewport Perspective. Untuk melihat hasil akhirnya, klik Anda Menu Rendering > Render. Lalu tekan tombol Render.
Hasilnya:
Hasil Render Tulisan 3D
Catatan:
[-] Ketika Anda memberikan nilai untuk setiap Outline pada level 1, 2
dan 3 di rollout Bevel Values, Anda harus memperhatikan bentuk yang
terjadi pada objek Text Anda di layar Viewport. Terkadang terjadi
kerusakan dan perubahan bentuk yang tidak diinginkan pada objek Text
Anda, bila nilai Outline yang diberikan terlalu besar ataupun terlalu
kecil. Sehingga Anda harus berhati-hati.
[-] Anda juga dapat bebas menggunakan tiap level pada parameter Bevel
Values. Tidak harus mengaktifkan keseluruh Level yang ada di sana. Ini
semua tergantung kepada kebutuhan Anda.
[-] Anda juga dapat menggunakan Modifier Extrude sebagai pengganti
Modifier Bevel, sehingga nantinya Anda dapat melihat perbedaan hasil
dari menggunakan Extrude maupun Bevel
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment