Saturday 22 June 2013

"Menu 3D" untuk membuat efek tulisan

efek teks 3 dimensi
Salah satu fitur baru photoshop (tutorial ini dibuat dengan CS5) adalah efek 3D, yang mana kita bisa dengan mudah membuat benda 3 Dimensi seperti botol, cincin dan lain-lain. Nah..bagaimana jika kita ingin membuat suatu tulisan tiga dimensi dengan menggunakan efek 3D tersebut. Tutorial berikut ini mungkin bisa dijadikan referensi tentang cara sederhana membuat efek tulisan yang berbeda dari efek tulisan yang pernah anda pelajari.

Caranya cukup sederhana karena hanya menambahkan/menggunakan menu efek yang tersedia (khususnya efek filter dan efek 3D)

Langsung saja kita menuju langkah atau step by step cara membuatnya.

Step 1

Siapkan/jalankan program photoshop (cs5 keatas recomended). Kemudian buatlah dokumen baru (new File) dengan dimensi 1200 x 1200 pixels dengan resolusi 300 px/inch (optional) dengan warna background putih.
Selanjutnya, pada layer baru buatlah coretan (dengan menggunakan brush tool) seperti contoh di bawah ini.

Catatan:
  • Anda tidak harus membuat coretan tersebut sama persis dengan contoh di atas
  • Hasil akhir akan berbeda dari yang ada pada tutorial ini, karena memang coretan (gambar awal) yang tidak sama.

Step 2

Langkah selanjutnya adalah menambahkan efek 'stained glass' Caranya: buka menu filter - kemudian pilih texture - lalu pilih stained glass. Untuk pengaturan efek tersebut bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.



Step 3

Sekarang tulis/ketik tulisan sesuai keinginan anda (contoh 'grafisae').sesuaikan warna dan jenis font sesuai selera/keinginan anda masing-masing.
Kemudian beri/tambahkan efek (layer style) drop shadow dan stroke (lihat masing masing pengaturan kedua efek tersebut pada gambar).

Efek Drop Shadow

Efek Stroke

Setelah itu gabung kedua layer (layer coretan dan layer teks) dengan menggunakan merge layer, silahkan lihat posting sebelumnya tentang merge layer di sini.

Step 4

Setelah kedua layer tadi digabung, selanjutnya adalah menggunakan efek 3D untuk mengubah tulisan tersebut. Namun sebelumnya, duplikat terlebih dulu layer tersebut agar bisa dibuat untuk versi/model yang berbeda dan bisa disembunyikan (hidden) hasil duplikat tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya buka menu 3D, kemudian pilih 'new mesh from grayscale' - Plane (atau lebih jelasnya silahkan lihat gambar)


Hasilnya menjadi seperti berikut ini.


Dan bisa juga ditambahkan efek 'poster edges' seperti contoh di bawah ini.



Selanjutnya simpan (format Jpeg) dengan nama file 'gambar A'

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text